Kaos Bola

Thursday, November 5, 2009

Penempatan Iklan Google AdSense yang (Mungkin) Efektif (Tips Pintar Google AdSense!)

Empat hari berturut-turut “today earning” Google AdSense (GA) saya tembus di atas $2, bahkan sempat mencapai $10. Padahal hari-hari sebelumnya paling berkisar antara $ 0,0 – 1,0 (susah sekali mencapai angka $1). Awalnya saya cuma merasa itu hanya lah sebuah kebetulan saja, bahkan ada perasaan takut juga jangan-jangan “dikerjain/diusilin” orang lain (semoga saja tidak). Namun setelah saya amati di tiap-tiap channel, barulah terlihat bahwa ternyataada beberapa channel iklan yang sangat menonjol jumlah klik dan earningnya.



Channel tersebut berasal dari iklan AdSense yang saya pasang di bawah posting. Alhamdulillah.., walau cuma bermodal blogspot gratisan earning saya bisa sedikit meningkat.

.
Saya pun tersadar bahwa ternyata ada penempatan atau peletakan iklan Google AdSense yang (mungkin) efektif. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar):



Lalu bagaimana cara memasang iklan google adsense di bawah posting seperti contoh di atas? Kalau untuk blog WP mungkin tidak ada masalah karena banyak plugin untuk memasang iklan AdSense. Bagaimana dengan blogspot? Begini cara memasang kode google adsense di bawah posting untuk blogspot:

Pertama, pilihlah bentuk dan ukuran iklan yang kita inginkan. Saya sarankan yang model Large Rectangle (336x280). Dan pastikan bedakan dengan warna link serta konten posting kita, karena kalau tidak salah ada penambahan di TOS AdSense, bahwa bentuk dan warna iklan AdSense harus jelas berbeda dengan konten blog (CMIIW).

Kemudian saatnya memasukan di body (badan posting) tepatnya di bawah posting. Caranya adalah dengan memasukkan kode iklan AdSense ke dalam HTML melalui Layout >> Edit HTML.

Misalnya saja kita memperoleh kode iklan AdSense seperti ini:

<script type="text/javascript">



Buang kode yang berwarna merah, sehingga menjadi:




Cari di HTML kode ini:



Lalu kode iklan GA tadi di paste disini:




KODE ADSENSE


(catatan: kode
bertujuan memberikan sedikit ruang kosong antara batas posting dengan iklan AdSense agar tidak terlalu dekat)

Atau secara lengkap akan menjadi seperti ini:








(catatan: kode
bertujuan memberikan sedikit ruang kosong antara batas posting dengan iklan AdSense agar tidak terlalu dekat)

Selanjutnya simpan atau save HTML tersebut.

Nah.., dengan demikian iklan GA akan nongkrong dengan gagah di bawah posting kita.

Ada beberapa hal yang mungkin juga tidak kalah penting di bandingkan penempatan atau peletakkan iklan AdSense, yaitu pemilihan template. Saya pribadi lebih menyukai template yang sederhana dengan sedikit kolom (1 atau 2 kolom). Kata para ahli sih, template dengan 1 atau 2 kolom itu lebih SEO friendly (saya sendiri juga kurang tahu kenapa), karena ada yang beranggapan dengan sedikitnya kolom, akan memberikan kemudahan Google dalam meng-crawl tulisan di blog kita. Dan yang pasti template sederhana dan ringan biasanya akan mempercepat loading blog kita, sehingga pengunjung tidak buru-buru meninggalkan blog kita.

Tidak tahu juga apakah penempatan iklan Adsense dan pemilihan template seperti apa yang saya tulis di atas akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan earning kita. Namun yang jelas, semua itu sudah saya praktekkan sendiri.

Source : http://teguhtrisusilo.blogspot.com/2009/05/penempatan-iklan-google-adsense-yang.html
.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...