Kaos Bola

Sunday, July 11, 2010

Inilah Tanda-tanda Pernikahan Dalam Masalah


Dok. : Thinkstock

Jakarta - Terlena dalam kesibukan sehari-hari terkadang membuat kita melupakan masalah dalam rumah tangga. Padahal secara tidak disadari, pernikahan Anda sudah berada di ujung tanduk.

Sayangnya, seringkali kita tidak cukup peka untuk menyadari tanda-tanda rusaknya hubungan pernikahan yang telah dibina. Beberapa tanda-tanda yang diungkap konsultan pernikahan Susan Erasmus berikut akan membantu Anda untuk melakukan evaluasi hubungan dengan suami.



Tak saling peduli
Ingatkah kapan terakhir kali Anda berbagi masalah dengan suami? Atau kapan terakhir kali suami menyampaikan keluh kesahnya. Jika hal itu tak bisa lagi diingat, berarti pernikahan Anda dalam masalah. Anda dan pasangan tak lagi saling mempedulikan. Suami tak lagi mau tahu apa yang Anda alami sehari-hari, begitu juga sebaliknya.

Coba ingat kembali momen saat membuat janji pernikahan. Bahwa Anda dan pasangan akan selalu mempedulikan satu sama lain? Lalu ke mana janji itu pergi?

Tak kenal lingkungannya
Sepasang suami istri yang baik biasanya saling berbagi, baik dalam susah dan sedih. Termasuk dalam hal lingkungan sosial. Paling tidak, suami tahu dengan siapa Anda beraktifitas, begitu juga Anda kepadanya. Namun jika salah satu dari kalian mulai menyembunyikan lingkungan sosial masing-masing, berarti ada sesuatu yang salah.

Apalagi jika Anda tak menyukai teman-teman suami, begitu juga sebaliknya. Ini juga akan menjadi pemicu konflik dalam rumah tangga.

Tak punya kesamaan minat
Anda bisa bertengkar hanya karena memilih channel TV atau menentukan resto untuk santap malam? Ini berarti Anda dan suami tak lagi memiliki kesamaan minat. Yang paling parah, salah satu dari Anda tak mau lagi mengerti minat pasangannya, melainkan terus bertahan dengan pilihan pribadinya. Alhasil gara-gara masalah sepele, Anda bisa bertengkar hebat.

Bermasalah dengan keluarga besar
Masalah dalam rumah tangga seringkali timbul dari keluarga besar, Saat adik atau orang tua Anda memperlakukan suami dengan cara yang tidak hormat, atau sebaliknya, hal itu akan menjadi kerikil yang cukup tajam bagi rumah tangga.

Komunikasi satu arah
Komunikasi selalu menjadi faktor penting dalam pernikahan. Jika alur komunikasi telah terganggu, misalnya salah satu pihak tak lagi mau mendengarkan pihak yang lain, maka jelas hubungan Anda berada dalam level yang berbahaya. Itu juga berarti tak ada lagi saling toleransi dan menghormati antara Anda dan pasangan.

Kegiatan seks tidak lancar
Kesemua hal yang telah disebut di atas kemudian akan berpengaruh pada 'kegiatan ranjang' Anda dan pasangan. Saat itu terjadi maka satu lagi ikatan antara Anda dan suami sudah terputus. Tak ada lagi kemesraan dalam rumah tangga.

(kee/fer)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...