Kaos Bola

Thursday, November 24, 2011

Konsultasi Arsitektur : Merenovasi Rumah 1 Lantai Jadi 2 Lantai

Assalaamu'alaikum wr wb

Eramuslim dan ust Andan yang saya hormati, semoga dapat tetap eksis di dunia maya ini. saya ingin mengubah rumah satu lantai saya menjadi 2 lantai. Gambar terlampir. Tapi bangunan satu lantai tetap tidak berubah. Jadi hanya meningkat di bagian belakangnya saja.

Kebutuhannya hanya 1 kamar tidur, ruang duduk kecil dan ruang jemuran. Bagaimana caranya agar tidak banyak biaya dan tidak nampak seperti 2 lantai. Namun bangunan tampil dengan disain minimalis yang keren.

Demikian pertanyaan kami . Terimakasih sekali atas tanggapannya melalui jalur free on line ini.

Wassalaamu'alaikum wr wb

Thoha

Jawaban

Assalaamu'alaikum wrwb

Bapak Thoha yang saya hormati. Saya akan coba balas pertanyaan bapak melalui jalur free on line ini. Doakan agar kami dapat tetap istiqomah. Karena dibalik jawaban yang bapak dapatkan secara free ini, kami harus mengeluarkan biaya operasional agar tetap dapat mengudara di dunia maya.

Denah lantai 1 bangunan lama tidak saya rubah. Agar tidak memakan biaya banyak. Saya hanya meyelipkan tangga di samping dapur. Untuk akses ke atas. Walaupun hanya berukuran 75 cm, sudah cukup untuk sirkulasi manusia.

Lantai 2 saya buat tipikal. Artinya persis seperti lantai 1. Hanya saja ada balok melintang di tengah dapur yang merupakan penopang dinding ruang jemur. Dengan konsep ini, akan lebih hemat. Karena tidak ada balok ganda yang saling silang. Beban juga dapat tersalurkan dengan baik.

Bagian depan harus saya buat atap cor dak beton. Hal ini dilakukan agar tinggi atap nantinya tidak terlalu menjulang tinggi ke belakang. Hingga bangunan ini tidak nampak 2 lantai. Alias rumah tingkat semu.

Bisa terlihat disini. Pet beton di depan itu selebar 1,5 meter. Memanjang sepangjang lebar muka rumah. Denga penopang tembok di kiri dan kanannya. Sebagai penguat bagi tulang struktur utama.

Namun sisi kanannya agak ditinggikan. Agar menjadi 'eye catching'. Dan dengan tingginya tembok tersebut, kita dapat membuat pengait ke pet beton. Untuk mengurangi beban yang dapat mengakibatkan plat beton melengkung.

Teras di depan dapat kita manfaatkan sebagai duduk-duduk. Dengan pintu pagar model lipat akan membuat manuver kendaraan mudah. Juga akan membuat kesan 'plong' dan lapang. Yang akan semakin mempertegas gaya minimalis dari rumah ini.

Bagian belakang saya buat atap transparan. Hingga atap ruang cuci jemur dapat menjadi sumber cahaya. Kegiatan mencuci jemur juga menjadi nyaman. Karena tidak perlu mengangkat jemuran saat hujan turun. Dan posisinya yang berada di belakang mebuat aurat pakaian kita tertutup. Aman dan nyaman. Privasi bagi service area.

Demikian analisa saya. Semoga memberi manfaat bagi kita semua. Semoga menjadi solusi disain bagi Bapak Thoha dan keluarga. Dan semoga Allah memeberikan berkah-Nya pada kita semua di hari Jum'at ini. Serta mengampuni dosa-dosa kita selama 1 minggu. Karena dari jum'at ke jum'at adalah penghapus dosa.

Kita jumpa lagi di lain waktu dan lain kesempatan. Di jalur free on line ini. Di situs eramuslim yang sama-sama kita cintai. Akhirul kalam,

Wassalaamu'alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - andanarsitek@yahoo.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...